Mengenal Berbagai Tempat Bersejarah di Kota Bandung

Kota Bandung merupakan salah satu kota di negara Indonesia yang menyimpan berbagai kenangan. Terletak di provinsi Jawa Barat, selain terkenal dengan destinasi wisata, juga terdapat berbagai bangunan yang bersejarah yang merupakan saksi bisu perjuangan masyarakat Indonesia untuk merebut kemerdekaan.

Ingin berkunjung ke kota Bandung? Banyak kemudahan yang diberikan dengan teknologi yang semakin berkembang. Anda bisa memesan tiket kereta atau pesawat untuk dapat berwisata ke Bandung dengan berbagai promo yang ditawarkan. Atau anda juga bisa memesan tiket untuk mengunjungi berbagai tempat di kota Bandung. Salah satunya adalah tempat yang sangat bersejarah di kota kembang Bandung adalah gedung tusuk sate.

Bangunan gedung tusuk sate merupakan ikon dari kota Bandung. Terletak di jalan Diponegoro no 22 Bandung, di dalam gedung sate terdapat bermacam – macam benda bersejarah peninggalan pemerintahan Belanda dan juga kota Bandung. Gedung yang menjadi pusat pemerintahan Jawa Barat ini berdiri pada tahun 1920 dan terdapat sebuah tugu di dalamnya. Terdapat kuburan di halaman belakang gedung ini yang merupakan tempat peristirahatan terakhir dari tujuh orang pemuda yang gugur saat turut berjuang melawan penjajah.

Banyak cerita bersejarah menarik yang dapat di ketahui dari bangunan – bangunan di kota Bandung. Benteng Pasir Ipis adalah bangunan bersejarah lainnya yang merupakan peninggalan dari pemerintahan Belanda. Bangunan bersejarah benteng Pasir memiliki banyak sejarah, terkhusus di masa kemerdekaan Indonesia. Dibangun pada tahun 1891 dan di fungsikan untuk barikade pertahanan para tentara dari negara Belanda.

Tempat bersejarah dan sekaligus dijadikan sebagai tempat wisata adalah museum merdeka. Museum ini merupakan salah satu saksi lahirnya Dasasila Bandung. Isi dari Dasasila bandung adalah mengenai pernyataan tentang dukungan kerjasama dan kedamaian dunia paska rezim kolonialisme. Terdapat banyak barang yang digunakan untuk konferensi jaman dahulu yang tersimpan rapi di dalam museum merdeka.

Tidak jauh dari  museum merdeka, terdapat hotel dimana semua anggota Konferensi Akbar Asia Afrika menginap. Hotel dengan gaya art deco disebut dengan bidakara yang sudah termasyur di dunia. Di hotel Ir. Soekarno dan Ho Chi Min da Tito menginap di hotel ini sebelum dimulainya konferensi pada tahun 1955.

Destinasi pariwisata di kota Bandung mengalami peningkatan yang sangat tajam dengan adanya gedung jaarbeurs. Gedung Jaarbeurs adalah tempat Festival Braga diadakan pertama kalinya dan dibangun oleh pemerintah Belanda. Festival Braga yaitu suatu pameran budaya yang paling tua di kota Bandung. Yang memperkenalkan berbagai kesenian yang ada di Indonesia. Perlu diketahui bahwa festival Braga telah di adakan 201 kali di kota Bandung.

Maka tak heran jika Bandung menjadi kota primadona wisata bagi banyak orang dengan segala keindahannya. Berlibur bersama keluarga dan sekaligus belajar dengan mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Bandung.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.