Darimana Asal Nama Kota Bandung ?

Bandung memang tak henti hentinya untuk dibahas lebih dalam lagi dari segi kuliner,  wisata hingga tempat tempat unik ada didalamnya tapi beberapa hal yang harus diketahui dari kota Bandung juga harus kita telusuri lebih dalam.  Berikut ini beberapa informasi mengenai asal usul nama kota Bandung.

Bandung merupakan kawasan Kota metropolitan yang terbesar di Jawa Barat dibangun di masa kolonial Belanda pada tanggal 25 September 1810 oleh Gubernur Jenderal Wiliam Daendles yang memberikan arahan serta mengeluarkan surat untuk pembangunan sarana dan prasarana  Sejak awalnya kota ini ditujukan sebagai hunian para kolonial Belanda melihat letaknya yang begitu strategis serta nyaman untuk dijadikan tempat tinggal.  Kota Bandung banyak  dikelilingi oleh pegunungan. Di Tahun 1896 kota ini belum ditetapkan sebagai kota karena belum mencapai penduduk yang begitu banyak. Seiring jalannya waktu tepatnya di tanggal 1 april 1906 Bandung diresmikan serta dijadikan sebagai kota oleh gubernur Jendral J. B Van Heutsz  dengan luas lokasi 900 ha.

Bandung sering sekali mendapatkan julukan Paris Van Java  namun asalnya Bandung berasal dari nama BENDUNGAN karena kota tersebut memiliki banyak sekali bendungan. Selain itu kota bandung juga memiliki berbagai sebutan yang khas khusus nya bagi penduduk Indonesia ada yaitu KOTA KEMBANG.  Hal ini karena adanya asal usul tahun 1896 dimana di kota ini diadakan pertemuan pengurus besar para pengusaha gula  Saat kegiatan tersebut seorang tuan belanda yang bernama Jacob menyediakan kembang kembang atau noni-noni cantik Indo-Belanda untuk menghibur para tamu dan pengusaha di kegiatan tersebut.  Selain itu Bandung juga sering disebut dengan nama Paris van java karena saat itu di jalan Braga banyak sekali para pedagang yang menjual produk dari Paris terutama pakaian. Dari situ juga Bandung dijuluki sebagai kota mode yang sampai sekarang ini masih melekat.

This entry was posted in Artikel and tagged . Bookmark the permalink.